Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Membangun Toleransi Pada Nara Didik Kristen
DOI:
https://doi.org/10.56194/spr.v3i2.47Keywords:
Guru PAK, Multikultural, Nara didik Kristen, ToleransiAbstract
Indonesia adalah bangsa yang multikultural. Di satu sisi, multikultural merupakan kekayaan bagi bangsa Indonesia. Tetapi, di sisi lain multikultural dapat menumbuhkan krisis toleransi yang dapat membawa perselisihan, konflik, dan perpecahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam menumbuhkan toleransi pada nara didik Kristen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Adapun peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam membangun toleransi pada nara didik Kristen adalah memberikan wawasan mengenai toleransi dan multikultural, menjelaskan pandangan Alkitab tentang toleransi dan multikultural, serta peranan praktis Guru Pendidikan Agama Kristen dalam membangun toleransi pada nara didik Kristen.
References
Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan. “Data Bahasa Di Indonesia.” Petabahasa.Kemdikbud.Go.Id. Last modified 2021. https://petabahasa.kemdikbud.go.id/databahasa.php.
Barclay, William. Pemahaman Alkitab Setiap Hari; Injil Yohanes Pasal. 1-7. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1983.
———. Pemahaman Alkitab Setiap Hari Injil Lukas. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
———. Pemahaman Alkitab Setiap Hari Injil Markus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
———. Pemahaman Alkitab Setiap Hari Yohanes Pasal 8-21. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996.
Baxter, J. Sidlow. Menggali Isi Alkitab 1: Kejadian Sampai Dengan Ester. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2016.
Casram. “Membangun Sikap Toleransi Beragama Dalam Masyarakat Plural.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016): 187–198.
Gelston, A. “Samaria, Orang.” Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid II M-Z. Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1996.
Gulo, Fenius. “Yesus Satu-Satunya Pemberi Kemerdekaan Bagi Orang Berdosa.” Journal Kerusso 6, no. 2 (2021): 20–31.
———. “Yesus Satu-Satunya Pemberi Kemerdekaan Bagi Orang Berdosa Ditinjau Dari Esai Yohanes 8:36.” KERUSO: Jurnal Teologi & Pelayanan 6, no. 2 (2021): 20. https://jurnal.sttii-surabaya.ac.id/index.php/Kerusso/article/view/198/216.
Gunawan, Ketut, and Yohanes Rante. “Manajemen Konflik Atasi Dampak Masyarakat Multikultural Di Indonesia.” Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis 2, no. 2 (2011): 212–224.
Hagelberg, Dave. Tafsiran Injil Yohanes Pasal 1-5. Yogyakarta: ANDI, 2005.
Hasudungan, Anju Nofarof. “Budaya Kekerasan Dan Pendidikan Multikultural Di Sekolah: Sebuah Telaah Kritis.” Keguruan: Junal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian 10, no. 1 (2022): 30–41.
Hornby, A. S. Oxford Advanced Learner’sDictionary. Oxford: University Printing House, 1995.
Hutagaol, Kartini, Louise M. Saija, and Debora C. C. Simanjuntak. “Model Pembelajaran Kooperatif Ing Ngarsa Sung Tuladha.” Jurnal Padegogik Matematika 1, no. 2 (2018): 89–105.
Idzhar, Ahmad. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng.” Jurnal Office 2, no. 2 (2016): 221–228.
Kasmo, Sukasmo. “Guru Sebagai Pengayom Peserta Didik.” Kompasiana.
Kia, A Dan, and Edward Sitepu. “Culture and Education.” Culture and Educacion 1, no. 2 (2021): 120–130.
Lee, Witness. Pelajaran-Hayat Lukas 1. Surabaya: Yayasan Perpustakaan Injil Indonesia, n.d.
Listio, Siani. “Rendahnya Minat Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen: Studi Kasus Di SMPN 2 Sumbermanjing Wetan.” DIDAKTIKOS Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2023): 90–97. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/96/50.
Mangililo, Ira Desiawanti, Dicky Steffanus, Dien Sumiyatiningsih, and Dorkas Jami. Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti: Pedoman Kehidupan 3. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2019.
Masri, Subekti. Multicultural Awareness Teknik Cinemeducation, Dan Biblitherapy. Edited by Saifur Rahman. Gowa Sulawesi Selatan: Penerbit Aksara Timur, 2020.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Muryani, Ribka Tri. “Ruang Pembelajaran Yang Representatif, Meningkatkan Prestasi Pendidikan Agama Kristen Dan Membangun Rasa Syukur.” Menuju Sekolah Edu Wisata.
N.N. “Wajib Jilbab Bagi Siswi Non-Muslim Di Padang: ‘Sekolah Negeri Cenderung Gagal Terapkan Kebhinekaan.’” BBC News Indonesia.
Nadlir, Moh. “Ada 187 Kelompok Penghayat Kepercayaan Yang Terdaftar Di Pemerintah.” KOMPAS.Com. Last modified 2017. https://nasional.kompas.com/read/2017/11/09/12190141/ada-187-kelompok-penghayat-kepercayaan-yang-terdaftar-di-pemerintah?page=all.
Napitupulu, Ester Lince. “Guru Pendidikan Agama Kristen Memperjuangkan Kesetaraan.” Kompas.Id.
Nurasmawi, and Ristiliana. Pendidikan Multikultural. Riau: CV Asa Riau, 2021.
Prasetyo, Danang, Marzuki, and Dwi Riyanti. “Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru” 4, no. 1 (2019): 19–32.
Prasetyo, Imboh. “Tiga Contoh Konflik Di Sekolah Yang Sering Terjadi.” Hukamnas.Com.
Prasetyo, Oky Bagus. “Pendidikan Islam Dalam Konteks Pluralisme Agama Dan Realita Sosial.” edupedia 4, no. 2 (2020): 104–113.
Price, J.M. Yesus Guru Agung. Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2011.
Putra, Adi, and Yane Henderina Keluanan. “Misi Multikultural Yesus Kepada Perempuan Kanaan Berdasarkan Matius 15:21-28.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2021): 165–181.
Rahmawati, Dewi. “Pengakuan Pembina Rohani Kristen SMAN 2 Depok Soal Siswa Tak Dapat Ruangan Baca Artikel Detiknews, ‘Pengakuan Pembina Rohani Kristen SMAN 2 Depok Soal Siswa Tak Dapat Ruangan.’” DeticNews.
Saptorini, Sari. “Pemanggilan Murid Secara Sengaja Berdasarkan Teladan Tuhan Yesus.” PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 1 (2019): 35–43.
Sarjono, D.D. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2008.
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Edited by Ridwan Sutedja and Yosep Kurnia. 3rd ed. Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Sudargini, Yuli, and Agus Purwanto. “Pendidikan Pendekatan Multikultural Untuk Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0?: A Literature Review.” Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar) 1, no. 3 (2020): 299–305. https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/94/70.
Sudarmanto, Guaryo. “Meretas Rancang Bangun Teologi Multikultural.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 1, no. 1 (2017): 121–146.
Sunarko, Andreas Sese. “Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pengajar Bagi Pendidikan Kristen Yang Efektif Di Masa Kini.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. September (2020): 118–131.
Tim FKUB Semarang. Kapita Selekta Kerukunan Umat Beragama. Semarang: FKUB, 2009.
Tohir, Mohammad. Sosok Guru Profesional Yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara, 2016.
Walzer, Michael. On Toleration Castle Lectures in Ethics, Politics, and Economics. New York: Yale University Press, 1997.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SAINT PAUL'S REVIEW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.