Keteladanan dan Integritas Guru dalam Pelayanan Ibadah bagi Anak-Anak Sekolah Minggu
DOI:
https://doi.org/10.56194/spr.v4i2.73Keywords:
Kata Kunci : Keteladanan, Integritas, Guru, Ibadah Sekolah MingguAbstract
Keteladanan guru merupakan sikap yang dipraktikan dan patut ditiru oleh anak-anak Sekolah Minggu. Keteladanan yang baik dapat dijadikan sebagai alat dan pola untuk mempengaruhi anak-anak Sekolah Minggu. Oleh sebab itu, kualitas seorang guru dapat divalidasi dari kemampuannya untuk bertanggung jawab karena memiliki keteladanan dan berintegritas. Untuk hal ini, penulis mengkaji keteladanan dan integritas guru dalam ibadah bagi anak-anak Sekolah Minggu di Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI) Diaspora City Center. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan (literature research) kepustakaan berbasis Alkitab sebagai sumber utama, artikel jurnal yang terpublikasi untuk memahami dan menarasikan keteladanan dan integritas guru dalam ibadah anak-anak Sekolah Minggu di Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI) Diaspora City Center. Hasil penelitian ini bahwa keteladanan dan integritas yang mumpuni berlandaskan Alkitab, Guru dapat memberikan bimbingan rohani dan pengajaran yang selaras dengan nilai-nilai Alkitab. Selain itu, penelitian ini memperlihatkan bahwa guru yang mengajar menjadi teladan dan berintegritas dalam mengembangkan Sekolah Minggu di Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI) Diaspora City Center suatu keharusan dan berbasis pada Alkitab.
References
Dyck, Ruth Laufer & Anni. “Pedoman Pelayanan Anak-Anak2, Batu: YPPII-Departemen Pelayanan Anak-Anak Dan Remaja.” (1997).
Eavey, C.B. “History of Christian Education, Chicago: Moody Press” (1964).
Ismail. . “. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Uin Ar-Raniry Banda Aceh Indonesia (Nomor 1 Tahun 2016), 37.” (2016).
Pandensolang, Rivo, S. “Pengantar Pendidikan, Dasar-Dasar Alkitabiah Dan Teologi Pendidikan Kristen, (Jakarta: Universitas Pelita Harapan, ), 4” (2006).
Riggs, Ralph M. “Sekolah Minggu Yang Behasil, Malang; Gandum Mas,” (1978).
Rusmanto, Ayub, and Bambang Dewandaru. “Pemberdayaan Kaum Awam Dalam Pengembangan Pelayanan Gereja Untuk Mewartakan Kabar Keselamatan.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2022): 139–148.
Ruth S. Kadarmanto. “Tuntunlah Ke Jalan Yang Benar, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, ),34” (2012).
Sastrosupono, M. Suprihadi. “Tentang Mengajar Di Sekolah Minggu, Semarang: Satya Wacana,” (1979).
Simanjuntak, Ferry, and Henry Kurniawan. “Studi Eksposisi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Berdasarkan Ulangan 6:4-9.” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 2, no. 1 (2021): 19–35.
Tong, Stephen. Arsitek Jiwa 2, Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1995.
———. “Arsitek Jiwa I (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, ), 55.” (1995).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SAINT PAUL'S REVIEW

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.