Kontekstualisasi Filsafat Pendidikan Kristen di Era Digital: Menuju Pembelajaran yang Adaptif dan Relevan

Authors

  • Rezeki Putra Gulo Sekolah Tinggi Agama Kristen Arastamar Grimenawa Jayapura
  • Nikarni Zai Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar, Jakarta

Keywords:

Filosofis, Pendidikan Kristen, Era Digital, Kontekstual

Abstract

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan Kristen. Kontekstualisasi filsafat pendidikan Kristen menjadi penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap adaptif dan relevan. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai filosofis pendidikan Kristen dapat diintegrasikan dengan teknologi digital tanpa mengorbankan prinsip-prinsip moral dan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode riset pustaka, menganalisis berbagai literatur yang relevan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam kontekstualisasi ini. Masalah penelitian yang diangkat adalah, bagaimana mempertahankan nilai-nilai inti pendidikan Kristen dalam konteks pembelajaran digital yang terus berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan personal, namun juga menimbulkan risiko seperti disinformasi dan ketergantungan. Novelty penelitian ini terletak pada pendekatannya yang menggabungkan perspektif filosofis dan teknologi secara komprehensif, memberikan wawasan baru dalam pengembangan pendidikan Kristen yang modern dan kontekstual. Oleh sebab itu, integrasi nilai-nilai filosofis dan teknologi dapat menciptakan pendidikan Kristen yang adaptif dan relevan di era digital.

References

Adrias, ed. Teknologi Pendidikan: Menggali Peluang Di Era Digital. Padang: CV Gita Lentera, 2024.

Apriyanti, R.S, Djoys A. Rantung, and Lamhot Naibaho. “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAK Sebagai Peluang dan Tantangan di Era Digital.” Journal of Educational 6, no. 1 (2023): 07–13.

Astley, Jeff. Ordinary Theology: Looking, Listening and Learning in Theology. London: Ashgate Publishing, 2017.

Boiliu, Fredik Melkias, Kaleb Samalinggai, and Devi Wahyu Setiawati. Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0, 2021.

Emessiri, Reginald, Christiana Gabriel, and Odiri Ohwariovbe. “Religious Education on E-Learning; Issues, Trends and Challenges.” International Journal of Academia 6, no. 1 (2020): 1–12.

Ezeobi, Maria Chibuonu. “Christian Religious Studies As A Predictor Of Social Cultural Heritage of Pupils In Primary Schools in Nigeria.” UNIJERPS: Unizik Journal of Educational Research and Policy Studies 11, no. 1 (2022): 1–12.

Fernando, Andreas, and Carolina Etnasari Anjaya. “Pelayanan Dan Kehidupan Tuhan Yesus Sebagai Pola Dasar Bagi Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 50–60.

Gulo, Rezeki Putra, and Tony Salurante. “Revitalisasi Pendidikan Kristen Di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5:15-16.” TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2023): 145–57. https://doi.org/10.53674/teleios.v3i2.74.

Gulo, Rezeki Putra, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Reforming Christian Religious Education: Integrating Spirituality and Critical Reasoning in the Digital Era.” Didaché: Journal of Christian Education 5, no. 2 (2024): 105–23. https://doi.org/10.46445/djce.v5i2.837.

Herlim, Leonardi Daniel. “Praktik Metaverse Dalam Pendidikan Agama Kristen.” MANTHANO 2, no. 2 (2023): 94–106.

Ishak, Shahrul Affendi, Umi Azmah Hasran, and Rosseni Din. “Media Education through Digital Games: A Review on Design and Factors Influencing Learning Performance.” Education Sciences 13, no. 2 (2023): 1–20.

Martin Putra Hura, Septiniar Laoli, and Marisa Aulia Gea. “Transformasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2024): 01–20.

Mendrofa, Eriyani, and Deslana Roidja Hapsarini. “Rancang Bangun Pendidikan Kristiani Di Era Digital: Sebuah Usaha Menjadikan Pendidikan Kristen Relevan Di Era Digital.” EDULEAD 4, no. 2 (2023): 196–207.

Merriam, Sharan B., and ?Elizabeth J. Tisdell. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass, 2015.

Mulya, Teguh Wijaya. “Critical Philosophies and Christian Education in the Digital Era.” In Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities and Christian Education, 20–25. Atlantis Press, 2023.

Nababan, Doni Abadi, Joice Patty, Stephany Brigitha Sopacua, and Desi Sianipar. “Strategi Manajemen Kelas Pendidikan Agama Kristen Yang Kolaboratif Dan Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Shanan 8, no. 1 (2024): 85–104.

Nasution, Awal Kurnia Putra. “Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan 13, no. 1 (2020): 80–86.

Ndruru, Beriaman, and Mozes Lawalata. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation 7, no. 1 (2023): 152–69.

Pereira, I, and L. Christian. “Ethical Implications of Digital Technologies in Christian Education.” Journal of Christian Education 61, no. 2 (2018): 243–55.

Ruru, Aprianto, and Dyulius Thomas Bilo. “Filsafat Pendidikan Agama Kristen Sebagai Landasan Dalam Proses Pembentukan Iman Siswa.” TELEIOS 3, no. 2 (2023): 172–89.

Sareong, Irene Priskila, and Tri Supartini. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 29.

Selwyn, Neil. Education in a Digital World: Global Perspectives on Technology and Education. New York: Routledge, 2012.

Siallagan, Thomson. “Menimbang Kesiapan Stakeholders Menerapkan Metaverse Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 13, no. 2 (2024): 291–308.

Sianipar, Desi, ed. Inovasi Pendidikan Agama Kristen Di Era Artificial Intelligence. Bandung: CV Widina Media Utama, 2024.

Solida Situmorang. “Integritas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen.” Kerusso: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1 (2018).

Tjandra, Daniel S. “Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Abad 21.” SIKIP 1, no. 1 (2020): 1–10.

Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2021.

Uriptiningsih, Ana Lestari, ed. Pendidikan Kristen Di Era Society 5.0. Yogyakarta: CV Lumida Media, 2023.

Yuli, Purwisasi, Sannur Tambunan, Titus Karbui, Roy Damanik, and Yulianus Bani. “Tantangan, Peluang, Dan Strategi Pendidikan Kristen Pada Era Disrupsi.” CARAKA 3, no. 2 (2022): 295–308.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

Zega, Yanuar Ada, and Dyulius T. Bilo. “Moderasi dan Literasi: Militansi Pendidikan Kristen dalam Menghadapi Tantangan Ujaran Kebencian di Era Digital.” Jurnal JIREH 6, no. 1 (2024): 32–42.

Published

2025-04-26

How to Cite

Gulo, R. P., & Zai, N. (2025). Kontekstualisasi Filsafat Pendidikan Kristen di Era Digital: Menuju Pembelajaran yang Adaptif dan Relevan. SAINT PAUL’S REVIEW, 5(1). Retrieved from https://jurnal.sttsaintpaul.ac.id/index.php/spr/article/view/99

Issue

Section

Articles